Implementasi Pelayanan Publik di Kantor Camat Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan

Authors

  • Yulia Ernawati STIE Widyaswara Indonesia
  • Mandra Adrika Putra STIE Widyaswara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.63879/jpmwi.v1i2.9

Keywords:

Pelayanan_Publik

Abstract

Tujuan penulisan laporan kuliah Lapangan Manajemen (KLM) ini  adalah untuk membantu bagian pelayanan di tingkat kecamatan. Program KLM ini dilaksanakan selama 3 bulan dari 07 Oktober 2024 – 07 Januari 2025. Metode pelaksanaan dimulai dari Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Evaluasi, Tahap Pelaporan. Kegiatan yang dilakukan seperti melayani masyarakat di pelayanan, membuat surat dispensasi nikah, membuat surat keterangan pindah, dan membuat surat keterangan tidak mampu. diharpkan dapat meningkatkan kemandirian mahasiswa, mendorong mereka berkontribusi aktif dalam masyarakat, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari secara langsung. Semua kegiatan terlaksana dengan baik, sehingga KLM yang penulis lakukan bisa dikatakan berhasil, karena terlaksana sesuai yang direncanakan.

References

Aini, F., Septaria, V., & Putra, M. A. (2024). Peran Mahasiswa Dalam Kontribusi Operasional di Kantor Camat Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3691–3697.

Decrisent, K. M., & Putra, M. A. (2025). Administrasi Keuangan di Kantor Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia, 1(1), 25–32.

Haqim, A. R., Yoharis, R., Putra, M. A., & Yanti, T. (2024). Berpartisipasi Di Dalam Memberikan Pelayan Publik Di Kantor Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3698–3705.

Hidayat, T., & Putra, M. A. (2024). Pelayanan Umum di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3729–3735.

Mesrawati, I., Safitri, D. N., Afrimadonna, A., Maas, I. Y., & Putra, M. A. (2023). Kuliah Lapangan Manajemen (KLM) Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 904–909.

Novianti, L., & Putra, M. A. (2025). Implementasi Standar Operasional Pelayanan Non Perizinan di Kantor Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Tahun 2024. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia, 1(1), 18–24.

Putra, M. A., Suryani, E., Putri, M. D., & Sari, H. N. (2023). Implementasi Pelayanan Publik Di Kantor Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 544–550.

Putra, M. A., & Yanti, T. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(1), 1–9.

Rianti, P., Rahman, H. A., Putra, M. A., & Maas, I. (2023). Kuliah Lapangan Manajemen (KLM) Implementasi Manajemen di Bagian Admistrasi pada PT. Karya Kerinci Seblat Desa Jernih Jaya Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 704–709.

Downloads

Published

2025-04-17

How to Cite

Yulia Ernawati, & Mandra Adrika Putra. (2025). Implementasi Pelayanan Publik di Kantor Camat Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.63879/jpmwi.v1i2.9

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)