Implementasi Pelayanan Umum di Bank BPR Pakan Rabaa Kabupaten Solok Selatan
DOI:
https://doi.org/10.63879/jpmwi.v1i2.12Keywords:
Pelayanan_Umum, Bank_BPRAbstract
Adapun tujuan dari pelaksaan Kuliah Lapangan Manajemen (KLM) ini yaitu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Widyaswara Indonesia (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat) dengan, 1. Mengamati dan menganalisis implementasi pelayanan umum yang diterapkan di BPR Pakan Rabaa. 2. Mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi BPR dalam melayani masyarakat, terutama di bidang teknologi dan akses layanan. 3. Menyusun rekomendasi yang dapat membantu BPR Pakan Rabaa dalam meningkatkan kualitas pelayanan umum, baik melalui inovasi maupun peningkatan sumber daya manusia. Metodenya diawali dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penulisan laporan sehingga pelaksanaan KLM (Kuliah Lapangan Manajemen tercapai. Kesimpulan dari kegiatan KLM ini yaitu pelayanan umum di bank ini sudah berjalan cukup baik, terutama dalam memberikan layanan kredit mikro kepada pelaku UMKM di Solok Selatan. Namun, ada beberapa area yang perlu ditingkatkan, terutama dalam hal adopsi teknologi digital dan peningkatan literasi keuangan di kalangan nasabah.
References
Aini, Fitratul, Vera Septaria, and Mandra Adrika Putra. 2024. “Peran Mahasiswa Dalam Kontribusi Operasional Di Kantor Camat Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 1(12): 3691–97.
Decrisent, Keisya Meisia, and Mandra Adrika Putra. 2025. “Administrasi Keuangan Di Kantor Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia 1(1): 25–32.
Haqim, Abduk Rahmat, Rahmad Yoharis, Mandra Adrika Putra, and Tri Yanti. 2024. “Berpartisipasi Di Dalam Memberikan Pelayan Publik Di Kantor Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 1(12): 3698–3705.
Hasibuan, Malayu S P. 2009. “Dasar-Dasar Perbankan (Jakarta: PT. Bumi Aksara).”
Hidayat, Taufik, and Mandra Adrika Putra. 2024. “Pelayanan Umum Di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 1(12): 3729–35.
Mesrawati, Ii, Dewi Novita Safitri, Afrimadonna Afrimadonna, Is Yuliardi Maas, and Mandra Adrika Putra. 2023. “Kuliah Lapangan Manajemen (KLM) Pelayanan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Solok Selatan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 1(6): 904–9.
Novianti, Lisa, and Mandra Adrika Putra. 2025. “Implementasi Standar Operasional Pelayanan Non Perizinan Di Kantor Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Tahun 2024.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia 1(1): 18–24.
Putra, Mandra Adrika, Eva Suryani, Melyana Dwi Putri, and Hafika Nofita Sari. 2023. “Implementasi Pelayanan Publik Di Kantor Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 1(6): 544–50.
Rianti, Pebsi, Hafiz Aulia Rahman, Mandra Adrika Putra, and Isyuliardi Maas. 2023. “Kuliah Lapangan Manajemen (KLM) Implementasi Manajemen Di Bagian Admistrasi Pada PT. Karya Kerinci Seblat Desa Jernih Jaya Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 1(6): 704–9.
Siamat, Dahlan. 1996. “Manajemen Lembaga Keuangan, Jakarta.” Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Undang-Undang, R I. 1998. “Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.” Lembaran Negara Republik Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putra Ilyas, Mandra Adrika Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.